HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE REMAJA PUTRI PADA SAAT MENSTRUASI DI SMP YAPENTHOM 2 MAUMERE

Kristina Mara, Regina Ona Adesta, Maria Yulita meo

Abstract


ABSTRAK

Masa remaja terjadi suatu perubahan fisik yang cepat disertai banyak perubahan pada organ reproduksi (organ seksual), salah satunya adalah pengalaman menstruasi. Ketika remaja putri sudah mulai menstruasi, hal utama yang harus diperhatikan (personal hygiene), sehingga diperlukan dukungan keluarga untuk mengurangi atau menyangga efek stress dan perilaku kebersihan selama menstruasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan  hubungan dukungan keluarga dengan perilaku personal hygiene terhadap remaja putri pada saat menstruasi di SMP Yapenthom 2 Maumere. Pendekatan dalam penelitian ini adalah cross-sactional. Jenis penelitian ini menggunakan analitik korelasi. Besar sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 orang. Tekni pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dukungan keluarga dan dan perilaku personal hygiene saat menstruasi. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Sperman Rho. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dukungan keluarga dengan perilaku personal hygiene saat menstruasi pada Siswi SMP Yapenthom 2 Maumere lebih banyak responden memiliki dukungan keluarga cukup sebanyak 58 orang (82,9%) dan perilaku  personal hygiene buruk sebanyak 44 orang (62,9%). Hasil uji sperman Rho diperoleh nilai signitifikan 0.001<0,05 sehingga Ha di tolak Ho diterima. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan dukungan keluarga dengan perilaku personal hygiene remaja putri saat menstruasi di SMP Yapenthom 2 Maumere. Peneliti berharap keluarga memberikan penjelasan atau informasi kepada remaja putri untuk tetap menjaga perilaku personal hygiene saat menstruasi.

Kata kunci: Dukungan Keluarga, Perilaku personal hygiene, Remaja


Full Text:

PDF

References


Susanti, D., & Lutfiyati, A. (2020). hubungan pengetahuan remaja putri dengan perilaku personal hygiene saat menstruasi. Jurnal Kesehatan “Samodra Ilmu, 11, 1-7.

Harahap, Y. W., Suryati, & Masnawati. (2021) (Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia). Perilaku Personal Hygiene Remaja Putri Saat Menstruasi di MTS Swadaya. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia, 6, 1-7.

Pythagoras, K. C. (2017). Personal hygiene Remaja Putri Ketika Menstruasi. Jurnal Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, 5 (1), 12-24.

Amalia, P., & Amrullah, Y. (2019). Tingkat pengetahuan remaja utri tentang remaja .jurnal kebidanan, 5 (3), 287-291.

Miraturrofi’ah1, M. (2020). kejadian gangguan berdasarkan status gizi pada remaja. JURNAL ASUHAN IBU&ANAK , 1-12.

Partiwi, D., & Marlina. (2019). Hubungan Pengetahuan Tentang Personal Hygiene pada Remaja Putri Kelas XI Dengan Menstruasi. Jurnal Ilmia Universitas Batanghari Jambi , 586-592.

Yuni, E. n. (2015) Buku Saku Personal Hygiene. GEN, Yogyakarta: Nuha Medika.

Nirwana, A. B. (2014) Psikologis Kesehatan Wanita (Remaja, Menstruasi, Menikah, Hamil, Nifas dan menyusui). GEN, Yogyakarta: Nua Medika.

Haryono, R. (2016). Siap Menghadapi Menstruasi dan Menopause. GEN, Yogyakarta: Gosyen Publishiingng.

Silitonga, J. M., & Anugrahwati, R. (2018). Hubungan Pengetahuan Mahasiswa dan Dukunga Keluarga Orang Tua dengan Perilaku Mahasiswa untuk Melakukan Kebersihan Organ Reproduksi di Akademik Keperawatan Hermina Manggala Husada. Jurnal Ilmia Keperawatan , 22-33.

Yusiana, M. A., & Saputri, M. S. (2016). Perilaku Personal Hygiene Remaja Putri Pada Saat Menstruas. jurnal STIKES , 14-18.

Arifianti, I. R., & Samaria, D. (2021). Gambaran Pengetahuan, Sikap, Dan Motivasi Terkait Vulva Hygiene pada Remaja Wanita Di RW 2 Bojong Menteng Bekasi. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia, 5 (1), 1-7.

Simanjuntak, J. M., & Sgian, N. (2020). Pengetahuan Sikap dan Perilaku Remaja Putri Terhadap Personal Hygiene pada saat Menstruasi di SMP NEGERI 3 Parongpong Kabupaten Bandung Barat. 13-19.

Pemiliana, P. D., Agustina, W., & Verayanti, D. (2019). Perilaku Remaja Putri Personal Hygiene Saat Menstruasi DI sma Etidlandia Medan. 62-66.

Dwi, Susanti1, A. L. (2020). Hubungan Pengetahuan Remaja PutriI Dengan Perilaku Personal. Jurnal Kesehatan “Samodra Ilmu”, 11, 1-7.

Swandi, I., & Inaini, W. (2021). Pencegahan Gangguan Menstruasi Melalui perancangan buku Interaktif Nutrisi Tepat Bagi remaja putri. Reka Makna: Jurnal Komunikasi Visual – 97, 2 (1), 1-

Serigar, S. D. (2018) Hubungan Dukungan Keluarga Tentang Menstruasi Dengan Kesiapan Remaja Putri Menghadapi Menarche di SMP Swasta Nurul Ilmu Padangsidisadimpuan.

Putri, N. A., & Setianingsih, A. (2018). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Personal Hygiene Menstruasi. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat , 15-20.

Mbau, M. Y (2016). Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Penderita Hipertensi Dalam Mengontrol Tekanan Darah Di Wilaya Kerja Puskesmas Kupang.

Sari Alfita Oktavia, dkk (2016) Hubungan Dukungan Keluarga Orang Tua dan Pengetahuan Siswi Dengan Kesiapan Siswi Dalam Menghadapi Menstruasi di Mi Sanggrong Tegalrejo Purwantoro Wonogiri.

Khairunisa, P. E. H. (2015). Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Perilaku Maladapti Siswi di SMP N 3 Kedungwuni Kabupaten Pekalonga.

Syahda, S., & Elmayasari. (2020). Hubungan pengetahuan dan peran orang tua (ibu) dengan perilaku personal hygiene saat menstruasi di SMP Ukut Kabupaten Pelawan. Jurnal Doppler Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, 4 (1), 1-9.

Notoatmodjo, S. (2011). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahmadhini, C.P. (2018). Hubungan Pengetahuan Dan Tindakan Remaja Tentang Personal Hygiene Dengan Tingkat Kecemasan Selama Menstruasi di Yayasan Surba MTS pacet Mojikerto.

Wulandari, A. (2020). karakteristik pertumbuhan dan perkembangan remaja dan implikasinya terhadap masalah kesehatan dan keperawatan. provided by E-Journal Universitas Muhammadiyah Semarang , 1-5.

De Sousa M. c. Imelda. ( 2015) Perbedaan Perilaku HIdup Bersih dan Sehat ( PHBS) Lansia di Komunitas Kelurahan Sikumana Bersama Keluarga di RW 05 dan UPT Pantai Sosial Penyantunan Lansia Budi Agung Kupang di Universitas Citra Bangsa.

Martini1, S., Putri2, P., & Caritas, T. ( 2021). Hubungan Stres Tingkat Akademik Dengan Siklus Menstruasi Pada Masa Pendemi Covid-19 di SMA 2 Muhammadya Palembang. Jurnal Keperawatan Merdeka (JKM), 1 (1), 1-7.

Salangka, G., Rompas, S., & Regar, M. (2018). hubungan dukungan keluarga dengan kesepian remaja putri dalam menghadapi manarce di SMP Negri 1 Kawangkoan. e-journal Keperawatan (e-Kp, 6, 1-5.

Tantry, Y. U., Solehati, T., & Yani, D. I. (2019). Gambaran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Perawatan Diri Selama Menstruasi Pda Siswi Smp Bandung. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan , 146-154.

Desmita. (2019). Psikologis Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Maidartat, Hayati, S., & Nurhida, L. A. (2016). hubungan Pengetahuan Dan Perilaku Vulva Hygienen Pada Saat Menstruasi Remaja Putri. Jurnal Ilmu Keperawatan, 4 (1), 1-8.

Effendy. (2011). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.