STUDI KASUS: PENERAPAN STRATEGI PELAKSANAAN I PADA PASIEN DENGAN HALUSINASI PENDENGARAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPETA

Florensia Nona Asti, Yuldensia Avelina, Yosefina Dhale Pora

Abstract


Masalah kesehatan jiwa yang masih menjadi perhatian para praktisi kesehatan jiwa di Indonesia yaitu gangguan jiwa berat, salah satu gangguan jiwa berat dan sering kita temukan dan dirawat adalah skizofrenia (Mashudi, 2021). Menurut World Health Organization (WHO, 2022) terdapat 300 juta orang di seluruh dunia mengalami gangguan jiwa seperti depresi, bipolar, demensia, termasuk 24 juta orang yang mengalami skizofrenia. Dan salah satu yang paling banyak ditemukan pada skizofrenia adalah halusinasi. Halusinasi membuat individu tidak mampu kontrol diri dan dapat melakukan Tindakan bunuh diri, dan merusak lingkungan. Untuk mengurangi gejala halusinasi dibutuhkan penanganan yang tepat. Satu diantaranya adalah melakukan strategi pelaksanaan. Penderita gangguan jiwa di Kabupaten Sikkam Nusa Tenggara Timur khususnya wilayah kerja Puskesmas Kopeta juga membutuhkan tindakan keperawatan seperti startegi pelaksanaan agar mempercepat proses penyembuhan dan pasien bisa mandiri. Untuk itu dilakukan penelitian dengan menerapkan strategi pelaksanaan sebagai intervensi utama, karena selama ini hanya dilakukan pengobatan dan kunjungan rumah tapi tidak dilakukan secara rutin.

 

Kata Kunci: Halusinasi Pendengaran, Strategi Pelaksanaan I


Full Text:

PDF

References


Dalami, E., Suliswati, Farida, P., Rochimah, & Banon, E. (2009). Asuhan Keperawatan Jiwa Dengan Masalah Psikososial. In A. Wijaya (Ed.) (p. 134). Jakarta: CV.Trans Info Media.

Damayanti. (2017). Asuhan Keperawatan Jiwa. Bandung: Refika Aditama.

Direja, A. H. (2011). Buku ajar asuhan keperawatan jiwa

Kelliat, B.A. & Pawirowiyono, A. (2015). Keperawatan jiwa terapi aktivitas kelompok Edisi 2. Jakarta: EGC.

NIMH. 2019. Suicide in America: Frequently Asked Questions. [ online]. Available at: https//:www.nimh.nih/health/publications/suicidefaq/index.sthml.

Oktiviani, Dwi. 2020. Kti Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Tn.K Dengan Masalah Gangguan Persepsi Sensori : Halusinasi Pendengaran. (Online). (Http://Repository.Pkr.Ac.Id/498/.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018. http://www.depkes.go.id/resources/download/infoterkini/materi_rakorpop_2 0 18/Hasil%20Riskesdas%202018.pdf.

Rustika, Mega (2020) Gambaran Asuhan Keperawatan Pemberian Terapi Aktivitas Kelompok (Tak) Orientasi Realitas Sesi I : Pengenalan Orang Pasien Halusinasi Pada Skizofrenia Tahun 2020. Diploma thesis, Poltekkes Denpasar Jurusan Keperawatan.

Wahyuni, Sri, Yuliet, Sri Novita dan Elita, Veni. (2011). Hubungan Lama Hari Rawat dengan Kemampuan Pasien Mengontrol Halusinasi di Ruang MPKP RSJ Tampan Pekanbaru. Jurnal Ners Indonesia Vol. 1, No. 2, Maret 2011.

Yusuf, AH. 2019. Kesehatan Jiwa Pendekatan Holistic Dalam Asuhan Keperawatan. Jakarta: Mitra Wacana Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.