PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PERILAKU BULLYING TERHADAP PENGETAHUAN SISWA KELAS IV & V SDK BOLA

Adelheid Riswanti Herminsih

Abstract


Bullying merupakan masalah kesehatan publik baik pada anak-anak, remaja bahkan usia dewasa sekalipun. Bullying perlu mendapatkan perhatian karena orang-orang yang menjadi korban bullying akan menderita depresi, kurang percaya diri, rasa cemas, gangguan tidur, perasaan takut dan memiliki keinginan untuk bunuh diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang perilaku bullying terhadap pengetahuan siswa kelas IV & V SDK Bola.
Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan rancangan one group pre test-post test. Waktu penelitian selama 2 minggu sejak tanggal 17-29 September 2018. Teknik sampling menggunakan accidental sampling, dengan responden sebanyak 45 orang yang hanya terdiri dari 1 kelompok. Responden diberikan pendidikan kesehatan tentang perilaku bullying selama 65 menit. Pengisian kuesioner post test oleh responden langsung dilakukan setelah intervensi diberikan. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada pengetahuan siswa kelas IV & V sebelum dan setelah dilakukan pendidikan kesehatan dimana semakin banyak siswa berpengetahuan baik. Artinya terdapat pengaruh signifikan dari pendidikan kesehatan tentang perilaku bullying terhadap pengetahuan siswa kelas IV & V dengan p value 0,0001 < α 0,05.
Dapat disimpulkan bahwa pendidikan kesehatan dapat dijadikan salah satu metode untuk meningkatkan pengetahuan siswa SD dalam rangka pencegahan perilaku bullying. Saran bagi siswa agar menjauhi perilaku bullying dengan cara terlibat dalam kegiatan yang positif dan jika melihat adanya perilaku bullying, menasehati atau memperingati pelaku bullying dan menunjukkan empati kepada korban bullying. Bagi sekolah disarankan untuk menambahkan pelajaran bimbingan dan konseling dengan menyisipkan pendidikan kesehatan tentang perilaku bullying.

Kata Kunci : Pendidikan kesehatan, perilaku bullying, pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Aini, D. F.(2018). Self Esteem Pada Usia Sekolah Dasar Untuk Pencegahan Kasus Bullying. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD.

Ainiyah, Q. (2017). Social Learning Theory dan Perilaku Agresif Anak dalam Keluarga. Jurnal Ilmu Syari'ah dan Hukum .

Anggraeni, D. T., Kumara, A., & Utami, M. S. (2016). Validasi Program Remaja "STOP" (SADAR, Tolong, Perangi) Bullying untuk Mengurangi Intensi Perilaku Bullying pada Siswa SMP. Gajah Mada Journal Of Professional Psychology .

Azwar, M. (2006). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Colorosa, B. (2007). The Bully, The Bullied, and The Bystander. Harpercolins .

Dharma, K. K. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan. Jakarta: CV. Trans Info Media.

Dasilva, J. L., De Olifiera, W. A., Braga, I. F., Faries, M. S., Lizzi, E. A., Goncalves, M. F., et al. (2016). The Effects of a Skill-Based Intervention for Victims of Bullying in Brazil.

Fatimatuzzahro, A., & Suseno, M. N. (2017). Efektifitas Terapi Empati Untk Menurunkan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Empati .

Fikri. (2016). Peran Empati dalam Perilaku Bullying.

Gunarsa, S. D., & Yulia, S. G. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia .

Halimah, A., Khumas, A., & Zainuddin, K. (2015). Persepsi pada Bystander Terhadap Intensitas Bullying pada Siswa SMP. Jurnal Psikologi .

Heriansyah, M. (2017). Strategi Mengatasi Trauma Pada Korban Bullying Melalui Konseling Eksistensial. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis KKNI. Malang.

Hertinjung, W. S. (2013). Bentuk-bentuk Perilaku Bullying Di Sekolah Dasar . Surakarta

Hartinjung, W. S., & Karyani, U. (2015). Profil Pelaku dan Korban Bullying di Sekolah Dasar

Hervira, A., & Maharani, Y. (2012). Pusat Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Tingkat Sarjana Bidang Seni Rupa dan Desain .

Ikhsan, H., Arwani, & Purnomo. (2013). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Bahaya Merokok Tehadap Perilaku Mengurangi Konsumsi Rokok Pada Remaja.

Janitra, P. A., & Prasanti, D. (2017). Komunikasi Keluarga Dalam Pencegahan Perilaku Bullying Bagi Anak. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan .

Khasanah, E. E. (2015). Fenomena Bullying Di Sekolah Dasar Kawasan Beresiko Yogyakarta.

Kholidah, E. N. (2013). Bimbingan dan Konseling Sosial. Yogyakarta: Azzagrafika.

Lestari, W. S. (2016). Analisis Faktor-faktor Penyebab Bullying di Kalangan Peserta Didik. Sosio Didaktika .

Linasari, T. (2016). Keefektifan Vidiotherapy Dalam Menumbuhkan Kesadaran Anti-Bullying Pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Mariati, M., Hastuti, L., & Saleh, I. (2016). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Bidan dengan Perilaku Bidan dalam Pelaksanaan Program Inisiasi Menyusui Dini di Kabupaten Bengkayang. Fakultas Ilmu Kesehatan .

Mubarak, & Wahid, I. (2009). Ilmu Keperawatan Komunitas; Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Medika.

Mulyati. (2014). Hubungan Tingkat Harga Diri dengan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah Kelas IV dan V di SD Negeri Bumijo Yogyakarta.

Ningsih, S. W. (2017). Pengaruh Pencegahan Bullying Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa di SMP Negeri 11 Yogyakarta. Skripsi Publikasi , Yogyakarta.

Notoatmodjo, S. (2005). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineke Cipta.

(2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

(2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineke Cipta.

Nurita, D., & Widiastuti, R. (2018, juli 23). Hari Anak Nasional, KPAI Catat Kasus Bullying Paling Banyak. TEMPO.CO .

Nursalam. (2015). Metodologi Penelitian Ilmu Kepeawatan : Pendekatan Praktis. Jakarta: Salemba Medika.

Nursasari. (2017). Penerapan Antisipasi Perundungan (Bullying) Pada Sekolah Dasar Di Kota Tenggarong.

Olweus, D. (2002). Bullying at School : basic Fact and Effects of a School Based Intervention Program. Jurnal of Child Psychologi and Syiciatry .

Papacosta, A. S., Paradeisioti, A., & Lazarou, C. (2014). Bullying phenomenon and preventive programs in Cyprus school system. International Journal of Mental Health Promotion .

Paudia. (2013). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Bullying pada Siswa Kelas VIII SMP H Isriati Semarang. Skripsi Publikasi .

Prastowo, A. (2017). Manajemen Kelas Untuk Mencegah Perundungan Verbal Di SD Tumbuh 3 Yogyakarta.

Rahmawati, S. W. (2016). Peran Iklim Sekolah Terhadap Perundungan. Jurnal Psikologi .

Riwidikdo, H. (2013). Statistikan Untuk Penilaian Kesehatan. Yogyakarta: Pustaka Rihama.

Saefullah. (2012). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Safitri, N. A. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui AudiovisualL Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Norma Subjektif Remaja Tentang Bullying. Surakarta.

Saputro, A. (2013). Hubungan Paparan Kekerasan dengan Perilaku Bullying di Sekolah Dasar.

Soetjiningsih. (1995). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta.

Sucipto. (2012). Bullying dan Upaya Meminimalisasikannya . Psikopedagogia .

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

(2011). Statistika Untuk Penelitian. Bandung.

Sunaryo. (2013). Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

Surilena. (2016). Perlaku Bullying (Perundungan) pada Anak dan Remaja. Jakarta.

Suryaningseh, W., & Mamnuah. (2016). Pengruh Pendidikan Kesehatan Melalui Audiovisual Terhadap Perilaku Bullying Pada Anak Usia Sekolah Di SD M uhammadiyah Mlangi Gamping Sleman. Yogyakarta.

Suyanto. (2011). Metodologi dan Aplikasi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Tarsono. (2010). Implikasi Teori Belajar Sosial (Social Learning Theory) dari Albert Bandura dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmia Psikologi

Usman, I. (2013). Kepribadian, Komunikasi, Kelompok Teman Sebaya, Iklim Sekolah dan Perilaku Bullying. Jurnal Humanitas .

Veenstra, R. (2008). Bullying and Victimization in Elementary School : A Comparison of Bullies, Victims, Bully/Victims, and Uninvolved Preadolescents. Developmental Psychology

Wekoadi, G. M., Ridwan, M., & Sugiarto, A. (2018). Writing Therapi Terhadap Penurunan Cemas pada Remaja Korban Bullying. Jurnal Riset Kesehatan .

Wiyana, N. A. (2013). Save Our Children from School Bullying.

Yunika, R. (2013). Upaya dan Konseling dalam Bimbingan Mencegah Perilaku Bullying di SMA Negeri Sekota Padang. Jurnal Ilmia Konseling.

Zakiya, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Jurnal Pelelitian & PPM .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.