FAKTOR – FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUASAN PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN PUSKESMAS WATUBAING KECAMATAN TALIBURA KABUPATEN SIKKA
Abstract
Hasil penelitian antara faktor pelayanan dengan kepuasan pasien yakni sebagian besar berada pada kategori baik dengan kepuasan pasien sangat puas yakni 220 orang (76.3%). Hasil Uji Korelasi Lambda menunjukkan bahwa p value 0,001 yang berarti bahwa terdapat pengaruh antara faktor pelayanan dengan kepuasan pasien pasien Di Unit Rawat Jalan Puskesmas Watubaing Kecamatan Talibura Kabupaten Sikka. Keeratan hubungan dari kedua variabel adalah berada pada kategori sangat lemah dengan koefisien korelasi (r) adalah 0,162. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Faktor kinerja memengaruhi kepuasan pasien dengan p value (0,001) < α (0,05) dan koefisien korelasi (r= 0,162). Faktor pelayanan memengaruhi kepuasan pasien dengan p value (0,001) < α (0,05) dan koefisien korelasi (r= 0,162). Faktor fasilitas memengaruhi kepuasan pasien dengan p value (0,001) < α (0,05) dan koefisien korelasi (r= 0,162).
Kata Kunci : Kinerja, Pelayanan, Fasilitas, dan Kepuasan Pasien
Full Text:
PDFReferences
American Society For Quality Control (2012). Analisis tingkat kepuasan pasien atas kualitas pelayanan.
Andriani. (2017). Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien diruangan poli umum Puskesmas Bukit Tinggi. Jurnal Endurance 2 (1).
Departement Pendidikan. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Depkes. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Berita Negara Republik Indonesia
Farida. (2011). Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan. Jakarta: EGC.
Kemenkes. (2004). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 128 Tahun 2004 Tentang Kebijakan Dasar Puskesmas. Berita Negara Republik Indonesia
Maulana (2013). Pengaruh kualitas pelayanan kepuasan dan citra loyalitas pasien. (Studi kasus pada Rumah Sakit Syarif Hidayatullah Jakarta), dalam Skripsi UIN Syarif Hidayatullah
Nursalam. (2013). Metodologi penelitian ilmu keperawatan. (3, Ed.) Jakarta: Salemba Medika.
Riyanto. (2011). Aplikasi metodologi penelitian kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Pangestu. (2013). Gambaran Kepuasan Pasien pada Pelayanan Rawat Jalan di RSUD Kota Tanggerang Selatan Tahun 2013, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Prastiwi, P. (2017). Hubungan pelayanan perawat dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Wisata Dau Malang. Nursing News , 2 (2).
Purwanti, S. (2017). Hubungan pelayanan perawat dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Wisata Dau Malang. Nursing News 2 (2).
Rahmani. (2009). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan. Palangkaraya: Universitas Muhammadiayah Palangkarya
Sugiyono. (2015). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Supriyanto. (2010). Hubungan layanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien. Jakarta: EGC.
Tjitono. (2017). Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: CV. Andi Offest.
Miranty, S. K. (2013). Faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Skripsi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.