FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PASIEN FRAKTUR MEMILIH PENGOBATAN TRADISIONAL DI RSUD DR. T. C. HILLERS MAUMERE

Yuliani Pitang, Yosephina M.H Keytimu

Abstract


Pemilihan pengobatan tradisional masih menjadi salah satu pilihan dalam pengobatan masyarakat di Indonesia. Pelayanan kesehatan tradisional yang cukup populer di masyarakat Indonesia adalah pengobatan fraktur atau sering disebut masyarakat sebagai dukun patah tulang. Pengobatan tradisional masih digunakan oleh sebagian besar masyarakat bukan hanya karena kekurangan fasilitas pelayanan kesehatan formal yang terjangkau, melainkan lebih disebabkan oleh banyak faktor. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi pasien fraktur memilih pengobatan tradisional di RSUD dr. T.C. Hillers Maumere.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif dengan desain crossectional. Populasi dalam Penelitian ini adalah semua pasien fraktur yang menolak tindakan medis dan memilih untuk berobat ke pengobatan tradisional/dukun patah tulang dengan jumlah sampel 30 orang, yang diperoleh dari total sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diambil dengan menggunakan kuesioner yang dilaksanakan pada bulan September – Oktober 2018. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat, analisa bivariat dengan menggunakan uji chi square dengan tingkat kemagnaan 75% (α<0,25) dan analisa multivariate dengan uji regresi logistik.
Hasil Penelitian berdasarkan uji chi square didapatkan nilai variable pendidikan p value 0,01, pengetahuan 0,341, ekonomi 0,126 dan dukungan keluarga 0,850. Hasil analisa multivariate dengan uji regresi logistic didapatkan nilai signifikan pendidikan 0.996>0,25 dan 0,997>0,25 untuk ekonomi.
Dari hasil Penelitian disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pendidikan, pengetahuan, ekonomi dan dukungan keluarga terhadap pemilihan pengobatan tradisional fraktur. Saran peneliti agar pasien fraktur dan masyarakat dapat menggunakan fasilitas kesehatan sebagai tempat pengobatan dan pelayanan kesehatan.

Kata Kunci :Pendidikan, Pengetahuan, Ekonomi, Dukungan Keluarga, Fraktur Pengobatan Tradisional

Full Text:

PDF

References


Agusmarani, A. 2012. Antropologi Kesehatan Indonesia: Pengobatan Tradisional.

Jakarta : EGC.

Apley, A. G. dan Solomon L. 2013. BukuAjar Ortopedi dan Fraktur Sistem Apley

Edisi ketujuh. Jakarta : Widya Medika.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi 2010. Jakarta : Rineka Cipta.

Ayu, S., Myrtati, D. A. 2016. Pemilihan Penyembuhan Penyakit Melalui Pengobatan Tradisional Non Medis dan Medis. Jurnal, Surabaya : Universitas Airlangga.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 2013. Riset Kesehtan Dasar (Riskesdas). Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Bassey, R. B., Aquaisua, A. N., Edangha, I. A., Peters, A. I. 2011. The Practice of Traditional Bone Setting in The South – South Region of Nigeria. Juornal Alternaif Medicine, ISSN : 1540-2548.

Chairuddin, R. 2013. Pintar Ilmu Bedah Ortopedi. Jakarta : Yarsif Watampone.

Desni, F. 2011. Hubungan Pengetahuan, Sikap, Perilaku Kepala Keluarga dengan Pengambilan Keputusan Pengobatan Tradisional di Desa Rambah Tengah Hilir, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan hulu, Riau. Jurnal Kesmas UAD vol. 5.

Dharma, K. K. 2015. Metodologi Penelitian Keperawatan : Panduan Melaksanakan dan Menerapakan Hasil Penelitian. Edisis Revisi Tahun 2015. Depok : TIM.

Dorland, W. A. N. 2012. Kamus Saku Kedokteran Dorland. Edisi 28. Jakarta : EGC.

Kneate, J., Peter, D. 2011. Keperawatan Ortopedik dan Trauma. Edisi 2. Jakarta : EGC.

Kurnia, S. H., Kosasih, C. E., Prawesti, A. 2012. Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Pasien Patah Tulang Berobat ke Pengobatan Tradisional Ahli Tulang di Sumedang. Jurnal, Bandung : Universitas Padjajaran.

Noor, Z. 2013. Buku Ajar Gangguan Muskuloskeletal. Jakarta : Salemba Medika.

Notoadmodjo, S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rhineka Cipta.

Penni A. 2014. Persepsi Penderita Patah Tulang Terhadap Pengobatan Dukun Patah Tulang di Medan. Skripsi, Medan : Universitas Sumatera Utara.

Prince P., Emmanuel M. A., Julius N., Reforce O., Williams A. D., Godfred A. 2018. Pregnant Women’s Perception and Attitudes Toward Modern and Traditional Midwives and The Perceptional Impact on Health Seeking Behaviour and Status in Rural Ghana. International, Ghana :Kwame Nkrumah University of Science and Technology.

Reksoprodjo, S. 2012. Kumpulan Kuliah Ilmu Bedah, Edisi Revisi 2012. Jakarta : Binarupa Aksara.

Ritonga, L., Nasution, S. 2012. Gambaran Kerakteristik Keluarga Pasien Fraktur Yang Memilih Pengobatan Tradisional Patah Tulang. Jurnal, Medan

:Universitas Sumatera Utara.

Rekam Medik RSUD dr. T. C. Hillers Maumere. 2018. Data Pasien Rawat Inap Fraktur 2016 – 2017. Maumere : Rumah Sakit Umum Daerah dr. T. C. Hillers.

Sarwono. 2012. Sosiologi Kesehatan. Yogyakarta : Gajah Mada University Press. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R&D. Bandung :

Alfabeta.

Supriyadi. 2014. Determinan Perilaku Pengobatan Tradisional (Traditional Medication) Masyarakat Urban cengkareng Jakarta Barat. Skripsi : Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Tim Penyusun. 2017. Buku Pedoman Penyusunan Proposal dan Penulisan Skripsi. Maumere : Universitas Nusa Nipa.

Utami, M. N. 2016. Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kejadian Neclegted Fracture Pada Pasien Rumah Sakit Umum A. Dadi Tjokodipo Bandar Lampung. Skripsi, Badar Lampung : Universitas Lampung.

Widiarti, A., Bachri, A. A., Husaini. 2016. Analisis Pengaruh Faktor Perilaku Terhadap Pemanfaatan Kearifan Lokal Sebagai Obat Tradisional oleh Masyarakat di Kota Palangka Raya. Jurnal, Palangka Raya : Universitas Lambung Mangkurat.

Wijayah, M. M. 2016. Persepsi Pasien Fraktur Tentang Pengobatan Alternatif di Cimande Ciputat Tanggerang. Skripsi : Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

World Health Organization. 2013. WHO Traditional Medicine Strategy 2014 – 2023. World Health Orgaization, Hongkong.

Wulandari, H. I., Muhamad. A., Gina, A. 2017. Tingkat Pengetahuan dan Sikap Pasien Fraktur Yang Memilih Pengobatan Tradisional (Battra Patah Tulang) sebelum berobat di Poliklinik Bedah Tulang RSUD Undata Kota Palu Periode November – Desember 2016. Jurnal: Palu : Universitas Tadulako.

Yudha K., Wibowo, M. H., Arifin, M. 2015. Studi Kualitatif Pengambilan Keputusan pada Klien Fraktur Dalam Memilih Pengobatan Tradisioanl Patah Tulang di Kabupaten Pekalongan. Jurnal : Pekajangan, Pekalong


Refbacks

  • There are currently no refbacks.