STIMULASI SOSIAL ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD FLOSS CARMELI KEWAPANTE

Pembronia Nona fembi, Yosefina nelista

Abstract


Usia prasekolah merupakan masa yang sangat penting dan sangat menentukan, keberhasilan perkembangan anak dikemudian hari. Rapuhnya perkembangan anak di usia prasekolah mengakibatkan lemah pula perkembangan anak di masa-masa berikutnya. Sebaliknya, bila di usia prasekolah ini anak mengalami proses perkembangan yang baik maka anak akan tumbuh menjadi anak yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan stimulasi sosial orang tua dengan perkembangan bahasa anak usia prasekolah (3-5 tahun) di PAUD Floss Carmeli Kecamatan Kewapante Kabupaten Sikka. Desain dalam penelitian analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan pada Agustus 2020. Populasi dalam penelitian ini semua ibu yang memiliki anak usia 3-5 tahun di PAUD Floss Carmeli Kewapante sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Data dianalisis menggunakan uji Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu yang memberikan stimulasi sosial baik berjumlah 12 (40%) dan stimulasi sosial cukup ada 18 (60%). Hasil analisis Spaerman Rank diperoleh nilai P value nilai P value 0,591 > 0,05 yang berarti tidak ada hubungan yang bermakna antara stimulasi sosial dengan perkembangan bahasa anak usia prasekolah. Diharapkan hasil penelitian ini menjadi referensi pengetahuan bagi orang tua, agar memperhatikan secara insentif perkembangan bahasa anak khususnya anak usia prasekolah dengan memberikan stimulasi sosial bahasa berdasarkan usia anak.

Kata kunci: Stimulasi Sosial, Perkembangan Bahasa, Usia Prasekolah

Full Text:

PDF

References


Asyrofi, dkk. 2018. Pengaruh Pemberian Stimulasi Oleh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Toddler di PAUD Asparaga Malang. Nursing News. Vol 3 No.1

Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group

Arikonto. 2012. Prosedur penelitian. Yogyakarta.

Cahyono, A. D. 2014. Pengaruh Stimulasi Orang Tua terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Toddler.Jurnal AKP Vol 5.No. 1, 5(1)

Depkes RI. 2012. Pedoman Pelaksana Stimulasi Deteksi Dini Penyimpangan Pada Balita Dan Anak Usia Prsekolah. Jakarta : Depekes.

Erikson.2011. Masa Perkembangan Psikososial Anak. Salemba Humanika.

Hidayat. 2012. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta: EGC.

Hidayat. 2009. Metode Penelitian Kebidanan Dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.

______. 2010. Metode Penelitian Keperawatan Dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.

Hurlock, E., 2002. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga.

Hurlock. 2012. Perkembangan Anak. Jilid 1, Ed. 6. Jakarta: Erlangga.

Hurlock. 2012. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Alih Bahasa Istiwidayanti Dan Soedjarwo). Jakarta: Erlangga.

IDAI, 2011.pedoman pelaksanaan stimulasi,deteksi dan intervensi. Jakarta: Healt books

Judarwanto. 2013. Faktor Resiko Gangguan Perkembangan Bicara Dan Bahasa Pada Anak (Http://Speechclinic. Wordpress. Com/2010/04/24/Faktor-Resiko-Gangguan-Perkembangan-Bicara-Dan-Bahasa-Pada-Anak. Diakses tanggal 23 maret 2012.

Kania.2006. Stimulasi Tumbuh Kembang Anak untuk Mencapai Tumbuh Kembang yang Optimal.Disampaikan pada seminar Stimulasi Tumbuh Kembang Anak.Bandung 11 Juni 2006. (http://pustaka.unpad.ac.id/wpconte nt/uploads/2010/02/stimulasi_tumb uh_kembang_anak_optimal.pdf), diakses pada tanggal 10 September 2020.

Martini.Jamaris. 2006. PerkembanganAnak. Jakarta: Salemba.

Mashar.Riana. 2007. Emosi Positif Anak usia Dini dan Stimulasi Aku Anak Ceria. Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi, 9(1): 18-29.

Memisevic H. & Hadzic, S. 2013. Development Of Fine Motor Coordination And Visual Motor Integration In Preschool Children. Journal Of Special Education And Rehabilitation. 14(1-2). 45-53.

Niima. Nur Azizah. 2012. Gambaran Stimulasi Perkembangan Oleh Ibu Terhadap Anak Usia Prasekolah di TKIT Cahaya Ananda Depok. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan. Fakultas Ilmu Keperawatan: Universitas Indonesia Depok

Nursalam. 2010. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pedoman Skripsi, Tesis, Dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam 2013. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu-Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Snowmann. 2012. Masa Perkembangan Anak. Salemba Humanika.

Soetjoningsih. 2012. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Sugiyono. 2011. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu-Ilmu Keperawatan. Bandung. Alfa Beta.

Sugiyono. 2011. Statistik Untuk Penelitian. Bandung Alfa Beta.

Sumaryanti, Peran LingkunganTerhadap Perkembangan Bahasa Anak, M U A D D I B Vol.07 No.01 Januari-Juli 2017 eISSN 2540-8348

Wahley & Wong. 2012. Essetials Of Pediatric Nursing Mosby: California.

Widiantoro. E dan Prawesti,D 2013, Pemberian Stimulasi terhadap Perkembangan Anak Usia 3-5 Tahun. Jurnal STIKES, 6(1).

Wong. 2012. Nursing Care Of Infansand Children. Fifith Edition. Missouri

Yuniarti.Sri. 2015. Asuhan tumbuh Kembang Neonatus Bayi-Balita dan Anak Pra Sekolah, Dilengkapi Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Melalui Bermain. Cetakan. Kesatu. Bandung: PT Refika Aditama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.