FAKTOR LOKASI SEKOLAH YANG MEMPENGARUHI PERILAKU SEKS PRANIKAH REMAJA SMA NEGERI 1 BOLA

Adelheid Riswanti Herminsih, Pasionista Vianitati, Anselmia Ansila

Abstract


Latar Belakang: Masa remaja merupakan periode terjadinya pertumbuhan dan perkembangan baik secara fisik, psikologis maupun intelektual. Perkembangan yang terjadi pada masa remaja membuatnya memiliki rasa keingintahuan yang besar untuk mencoba sesuatu yang baru tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi kedepannya termasuk perilaku seks pranikah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor lokasi sekolah yang berhubungan dengan perilaku seks pranikah pada remaja SMA Negeri 1 Bola.
Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskrptif analitik dengan menggunakan rancangan cross sectional, dengan sampel 76 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner.
Hasil Penelitian: Uji statistic dengan menggunakan chi square menunjukkan bahwa p=0,000 (p < α maka Ho ditolak dan Ha diterima jadi ada hubungan antara faktor lokasi sekolah dengan perilaku seks pranikah remaja.
Kesimpulan: Dalam penelitian ini terdapat hubungan antara faktor lokasi sekolah dengan perilaku seks pranikah pada remaja SMAN 1 Bola.

Kata Kunci : Geografis, Remaja, Seks Pranikah

Full Text:

PDF

References


Aktivitas Seksual pada Remaja Di Sekitar Eks Lokalisasi Anak. , (46). Kementrian Kesehatan RI. 2016. Indonesia. Available at: lib.ui.ac.id.

Infodatin: Situasi Istiqomah, N., & Notobroto, H. B. 2016. Pengaruh Pengetahuan, Kontrol Diri Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Universitas

Kemenkes RI, 2015. Infodatin Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja, Jakarta Kementerian Kesehatan RI. 2017.

Kesehatan Reproduksi Remaja. Jakarta: Kesehatan Yogyakarta. Jurnal Kesehatan " Samodra Ilmu, 8(1)

Khasanah, U., 2016. Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Niat Melakukan Kota Surabaya. Universitas Airlangga.

KPAI, 2016. Data Kasus Pengaduan Anak Berdasarkan Klaster Perlindungan

Lubis, D.P.U., 2017. Peran Teman Sebaya dan Paparan Media Pornografi

Nurhayati, 2011. Hubungan Pola Komunikasi Dan Kekuatan Keluarga Dengan Perilaku Seksual Berisiko Pada Remaja Di Desa Tridaya Sakti Perilaku Seksual Pranikah Remaja Di Kawasan Lokalisasi Dolly.pp.47–54

Pusat Data dan Informasi Kemekes RI.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sulistiawan, D., 2014. Faktor Personal dan Lingkungan Yang Mempengaruhi. Surabaya. Jurnal Biometrika dan Kependudukan, Vol. 5 No. 2 Hal.125-134.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.