STUDI KASUS: ASUHAN KEPERAWATAN PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI SEKSI KESEJAHTERAAN SOSIAL PENYANTUNAN LANSIA PADUWAU MAUMERE

Yuldensia Avelina, Trisna Dery

Abstract


Latar belakang: Hipertensi adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal yang dapat mengakibatkan morbiditas dan mortalitas. Berdasarkan hasil pemeriksaan tekanan darah pada tanggal  14 Juni 2021 didapatkan hasil dari 65 lansia sebanyak 27 orang menderita hipertensi, yang terdiri dari laki-laki 12 orang dan perempuan 15 orang Penelitian ini bertujuan untuk  menjelaskan asuhan keperawatan pada Ny.M.L dengan hipertensi di Seksi Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia Padu Wau Maumere.

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan melalui pengelolaan asuhan keperawatan Ny.M.L dengan hipertensi.

Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan darah pasien 180/80 mmHg, nadi 80x/menit, skala nyeri 6 dan pasien mengeluh tidak mengetahui jika mengkonsumsi penyedap makanan dapat memicu tekanan darah tinggi sehingga masalah keperawatan yang ditemukan pada pasien adalah nyeri kronis dan defisit pengetahuan. Intervensi dilakukan selama 3 hari. Pada tahap evaluasi diperoleh masalah nyeri kronis dan defisit pengetahuan pasien teratasi. Saran: Ny. M.L menjaga pola hidup yang sehat dengan cara menghindari makanan yang tinggi garam, melakukan olahraga teratur, mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C, minum air putih (8-10 gelas perhari) dan tidak melakukan aktivitas yang berlebihan.

 

 

Kata kunci: Asuhan Keperawatan, Hipertensi


Full Text:

PDF

References


Fadlilah, S. (2019). PENGARUH KOMRES HANGAT TERHADAP NYERI LEHER PADA PENDERITA HIPERTENSI ESENSIAL DI WILAYAH PUSKESMAS DEPOK 1SLEMAN YOGYAKARTA. Jurnal Keperawatan , 28.

PPNI, T. P. (2017). STANDAR DIAGNOSIS KEPERAWATAN INDONESIA. Jakarta Selatan: Persatuan Perawat Nasional Indonesia.

Santoso, D. A. (2015). PENGARUH TERAPI RENDAM KAKI AIR HANGAT TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA UPK PUSKESMAS KHATULISTIWA KOTA PONTIANAK. 9.

Saputri, Y. I., Muhlisin, A., & Budinugroho, A. (2014). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN KEPATUHAN DIET BIPERTENSI PADA LANJUT USI DI DESA WIRONANGGAN KECAMATAN GATAK SUKOHARJO. 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.