HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA (PENGASUH WISMA) TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA LANSIA DI SEKSI KESEJAHTERAAN SOSIAL PENYANTUNAN LANJUT USIA PADU WAU MAUMERE

Theresia Trisnawati, Yuldensia Avelina, Wihelmus Nong Baba

Abstract


Latar belakang: Lanjut usia merupakan suatu proses alami yang tidak dapat dihindari setiap manusia. Seseorang yang sudah memasuki masa lanjut usia mengalami berbagai macam kemunduran yang akan menyebabkan lansia tidak bisa mandiri dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari khususnya dalam berperilaku hidup bersih dan sehat. Oleh karena itu, pentingnya peran keluarga terutama para pengsuh wisma dalam memberikan dukungan untuk meningkatkan kemandirian lanjut usia dalam berperilaku hidup bersih dan sehat. Penelitian ini bertujuan untuk  menjelaskan hubungan pengetahuan dan dukungan keluarga (pengasuh wisma) terhadap perilaku hidup bersih dan sehat pada lansia di Seksi Kesejahteraan Sosial Penyantunan Lanjut Usia Padu Wau Maumere.

Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah analitik korelasi dengan pendekatan crossectional. Besar sampel 42 lansia di Seksi Kesejahteraan Sosial Penyantunan Lanjut Usia Padu Wau Maumere.  Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji validitas menggunakan rumus pearson product moment diperoleh seluruh pertanyaan kuesioner valid dengan hasil p value < α (0,05)  dan hasil uji reliabilitas dengan cronbach alpha menunjukkan bahwa semua pertanyaan kuesioner reliable dengan hasil cronbach alpha seluruh item > nilai cronbach alpha standar yakni 0,797. Analisis data bivariate menggunakan uji Gamma.

Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan lansia sebagian besar berada pada kategori baik yakni 88,1 %. Dukungan keluarga sebagian besar berada pada kategori mendukung yakni 90,5 %. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sebagian besar beada pada kategori tinggi sebanyak 88,1%. Hasil analisis bivariate menggunakan Uji Gamma untuk hubungan pengetahuan terhadap perilaku hidup bersih dan sehat lansia menunjukkan bahwa nilai p value (0,006) <  α (0,05). Hal ini berarti bahwa ada hubungan antara pengetahuan dengan perilaku hidup bersih dan sehat lansia. Hasil analisis menggunakan Uji Gamma untuk hubungan dukungan keluarga (pengasuh wisma) terhadap perilaku hidup bersih dan sehat lansia menunjukkan bahwa nilai p value (0,000) <  α (0,05). Hal ini berarti bahwa ada hubungan antara dukungan keluarga (pengasuh wisma) dengan perilaku hidup bersih dan sehat lansia.

Kesimpulan: Pengetahuan yang semakin baik dari para lansia tentang perilaku hidup bersih dan sehat sangat berpengaruh terhadap perilaku hidup bersih dan sehat. Demikian pula dengan dukungan keluarga, dimana peningkatan dukungan keluarga kepada para lansia maka sangat berpengaruh terhadap perilaku hidup bersih dan sehat dari lansia tersebut.

 

Kata kunci: Dukungan Keluarga, Lansia, Pengasuh Wisma, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat


Full Text:

PDF

References


atimah. (2016). Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Lansia. Jakarta: Salemba.

Ferbriyona, R., & Sudirman, A. N. (2020). Dukungan Keluarga Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Lansia di Desa Ollot Satu Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondowutara. Zaitun (Jurnal Ilmu Kesehatan), 8(2).

Fitriana, W. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Keluarga Dengan Perilaku Hidup Sehat Lansia di Desa Wirogunan Kartasura. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1-16.

Gani, A. H., Erdi, I., & Prita, E. P. (2015). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Tatanan Rumah Tangga Masyarakat Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. Jurnal IKESMA, 11(1).

Kunstatia, N. (2015). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Lansia. Jurnal Keperawatan.

Notoatmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Proverati. (2012). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Lansia. Jurnal Komunitas.

Putra, I. A. (2017). Gambaran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Lansia Terhadap Kesehatan di Desa Bonto Bangun Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. Jurnal Keperawatan.

Widyanto, C. F. (2014). Keperawatan Komunitas dan Keluarga dengan Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Nuha Medika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.