HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN PERSONAL HYGIENE ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS USIA SEKOLAH
Abstract
Anak berkebutuhan khusus (ABK) merupakan anak yang membutuhkan pendidikan serta layanan khusus untuk mengembangkan potensi kemanusiaan mereka secara sempurna. Rentang ini berbeda antara anak yang satu dengan yang lainnya mengingat latar belakang anak yang berbeda, Anak berkebutuhan khusus lebih banyak memerlukan perhatian dari orang tua serta membutuhkan waktu yang cukup lama, maka dari itu anak-anak berkebutuhan khusus usia sekolah harus dikelola dengan baik, diajari dengan sabar dan penuh perhatian sehingga bisa mandiri dalam personal hygiene. Salah satu peran orang tua dalam memberikan pola asuh yang tepat bagi anak berkebutuhan khusus yakni dengan memahami keadaan apa adanya (keadaan positif-negatif anak, maupun kelebihan dan kekurangannya).
Desain penelitian yang digunakan adalah observasional melalui pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian berjumlah 59 orang, sampel sebanyak 51 orang dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Uji statistik dengan menggunakan Uji Chi-Square diperoleh nilai p value 0,394 (> α 0,05), hal ini berarti H0 diterima dan Ha ditolak artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan personal hygiene anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Beru Maumere. Nilai t hitung (0,877 ) < nilai t tabel (3,841) maka H0 diterima artinya tidak ada hubungan antara pola asuh dan personal hygiene. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan personal hygiene anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Beru Maumere.
Kata Kunci: Anak Berkebutuhan Khusus, Personal Hygiene, Pola Asuh Orang Tua
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, D. D. and Sari, M. H. N. 2020 ‘Pola Asuh Orangtua Terhadap Tingkat Kemandirian Personal Hygiene Cuci Tangan dan Gosok Gigi Pada Anak Prasekolah’. Available at: http://ecampus.poltekkes-medan.ac.id/.
Afifah, A.S. & Damayanti , A. 2016. Influence of Addition Silica, Velocity of Centrifuge, and Waste Water Contentration on Caracteristic of Zeolite-Silica Membrane. Jurnal Purifikasi, 16 (2), 67-77.
Aisyah. 2010. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tingkat Agresivitas Anak. Jurnal MEDTEK. Vol 2 No 1. Hal 4, 5, 6
Ambarwati. 2020. Teori Dan Aplikasi Personal Hygiene. Yogyakarta : Nuha Medika
Ariyanti. 2015. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. 8 (1) : 50-58
Azwar, S. 2015. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
BPS. 2017. Jumlah Penyandang Disabilitas.
Depkes RI. 2010. Riset Kesehatan Dasar; RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI.
Dinkes NTT. 2019. Profil Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Maumere: Dinkes
Desiningrum. 2016. Etiologi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Global Burden of Disease GBOD. 2017 Result
Handayani. 2021. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Sikap Sosial Siswa SD Negeri Se-Desa Sukamaju Kecamatan Sunggal.
Hulu. 2020. Pengertian Personal Hygiene dan Faktor – Faktor Personal Hygiene Yogyakarta : graha Ilmu.
Jojon, Wahyuni, TD. & Sulasmini. 2017. Hubungan Pola Asuh Over Protective Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah Di Sdn Tlogomas 1 Kecamatan Lowokwaru Malang : Nursing News Volume 2, Nomor 2 : 524- 535.
Juliana, T . 2019. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Personal Hygiene Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB/G-AB Helen Keller Indonesia
Kemendikbud, 2014. Gambaran Sekolah Inklusif D Indonesia. Jakarta
Kemenkes RI, .2020. Profil Kesehatan Indonesia 2020, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.
Kemenkes RI. Availableathttps://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan- indonesia/Profil-Kesehatan-Indonesia-Tahun-2020.pdf.
Khatoon et al, .2017. “Bimbingan Individual Anak Penyandang Disabilitasdalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Di Pondok Pesantren Tri Bhakti Al-Qudwah Kota Metro.” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2017.
Manuaba, .2016. Peran Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta : ECG
Mardiliyah. 2014. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Personal Hygiene Anak Pada Siswa Kelas 3 Dan 4 SD Taman Pendidikan Islam Sidoarjo.
Maria et al. 2018. Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Terhadap Perguruan Tinggi; Studi Kasus Di Empat Perguruan Tinggi Negeri Di Yogyakarta. 1st ed. Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara.
Muhamat, T. 2017. Jenis – Jenis Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta : Salemba Medika.
Munawwaroh, Bidayyatul. . 2016. Dampak Pola Asuh Orangtua Terhadap Perkembangan Sosial Terhadap Anak Tunagrahita Di Slb Negeri Pembina Yogyakarta. Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Novi, 2017. Pola Asuh Orang Tua dan Implikasihnya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan, 7 (1), 33-48
Notoatmodjo, 2016. Metodelogi Penellitian Kesehatan, PT Rineka Cipta, Jakarta.
Nursalam. 2016. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis.( P. P. Lestari, Ed) (4th ed). Jakarta : Salemba Medika.
Nursalam, 2017 Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis. 4th edn. Jakarta : Salemba Medika.
Pristian. H, P .2021. Pendidikan Islam Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Journal Of Islamic Education, 2 (1), 80-95
Pristian. 2021. Pengertian Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Pusbasari, D .2020. Hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat kemandirian personal hygiene pada anak retardasi mental sedang di SLB Negeri 3 Denpasar
RISKESDAS. 2021. Prevalensi Anak Berkebutuhan Khusu, Jakarta.
Risnawaty, W., Agustina and Suyadi, D. .2017 ‘Pengujian Reliabilitas Alat Ukur The Parenting Styles And Dimensions Questionnaire (PSDQ)’. doi: https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v5i1.10019.
Risnawaty, W., Agustina and Suyadi, D. 2021 ‘Pengujian Reliabilitas Alat Ukur The Parenting Styles And Dimensions Questionnaire (PSDQ)’. doi: https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v5i1.10019.
Rosso, Arlianti. 2009. Investasi Kesehatan Dan Dampak Personal Hygiene Di Indonesia. Jakarta : BEC-TF
Robinson, C. C. et al. 2015. ‘Authoritative, Authoritarian, and Permissive Parenting Practices: Development of a New Measure’, Psychological Reports, 77(3), pp. 819–830. doi: 10.2466/pr0.1995.77.3.819.
Septian, 2016. Media Pembelajaran Anak berkebutuhan Khusus. Jember : Pustaka Abadi
Setiawati. 2017. Konsep Anak Usia Sekolah. Jakarta : ECG
Setiadi. 2015. Metodologi Penelitian Kesehatan untuk Mahasiswa Kesehatan. Yogyakarta : Graha Ilmu
Silfia, M. 2019. Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Kebersihan Diri (Personal Hygine) Anak Autis di SLB Harmoni Gedangan Sidoarjo
Sonia, Apsari. 2020. Pola Asuh Yang Berbeda - Beda Dan Dampak Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Jurnal Pengapdian Masyarakat, 17, 128-135
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta
Utami, CH. 2016. Hubungan Pola Asuh Autoritatif Dengan Kemandirian Anak Tk Di Banjararum Kalibawang Kulon Progo. Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri: Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.