HUBUNGAN PENGETAHUAN REMAJA PUTERI DENGAN PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI DI SLTP SWASTA DHARMA NUSA

Rosania E.B Conterius, Yustina Yantiana Guru

Abstract


Upaya peningkatan kesehatan dengan cara meningkatkan pengetahuan pada remaja sangat penting dilakukan, karena jika tidak mengetahui personal hygiene saat menstruasi yang benar maka akan timbul gangguan kesehatan reproduksinya seperti keputihan, infeksi saluran kemih, penyakit radang panggul dan kemungkinan terjadi kanker leher rahim. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan hubungan pengetahuan remaja puteri dengan personal hygiene saat menstruasi di SLTP Swasta Dharma Nusa Desa Helanlangowuyo Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur. Jenis penelitian analitik korelasi dengan desain Cross Sectional. Sampel sebanyak 34 responden yang diambil dengan menggunakan Total Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan uji Lambda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pengetahuan remaja puteri sebagian berada pada kategori cukup (47.1%) dan personal hygiene remaja puteri berada pada kategori seimbang untuk positif dan negatif (50.0%). Hasil uji lambda diperoleh nilai p value (0.000) < α (0.05), hal ini berarti H0 di tolak Ha diterima artinya ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan remaja puteri dengan personal hygiene, dengan nilai r (0.882) yang berarti tingkat keeratan hubungan antara dua variabel sangat kuat. Pengetahuan remaja puteri berpengaruh secara signifikan terhadap tindakan remaja puteri dalam personal hygiene saat menstruasi. Diharapkan pihak sekolah dapat bekerja sama dengan pihak Puskesmas terkait education (memberikan pendidikan/informasi) dan membentuk pusat informasi dan konseling, sertas keluarga dan lingkungan dapat memberikan lebih banyak informasi untuk meningkatkan pengetahuan siswi tentang bagaimana pelaksanaan personal hygiene siswi saat menstruasi.

 

Kata Kunci: Pengetahuan, Personal Hygiene saat Menstruasi, Remaja Puteri


Full Text:

PDF

References


Astuti, R. D., Utami, I., ST, S., & Keb, M. (2017). Hubungan pengetahuan tentang personal hygiene dengan perilaku personal hygiene saat menstruasi pada remaja putri kelas XI di SMA Negeri 1 Pajangan Bantul (Doctoral dissertation, Universitas' Aisyiyah Yogyakarta).

Dahlan, M.S. 2011. Statistik untuk kedokteran dan kesehatan. Jakarta: Salembang Medika.

Durisah. (2016). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Personal Hygiene Mentruasi. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 5(1), 15-23.

Handayani. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Personal Hygiene Remaja Putri Dalam Penanganan Dan Pencegahan Keputihan Pada Siswi SMK Negeri 11 Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 5(3), 629-636.

Harahap, Y. W. (2021). Perilaku Personal Hygiene Remaja Putri Saat Menstruasi di MTS Swadaya Padangsidimpuan. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), 6(1), 134-140.

Hidayat, T., & Purwokerto, U. M. (2019). Pembahasan studi kasus sebagai bagian metodologi penelitian. Jurnal Study Kasus, 1-13.

Mukarramah, M. (2020). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Terhadap Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi. Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 7(1), 88-95.

Notoadmodjo,S. 2014. Ilmu pengetahuan dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta

Nursalam, N. (2015). Model of quality management system using Malcolm Baldrige criteria in nursing education in Surabaya. Jurnal Ners, 10(1), 165- 174.

Notoadmodjo,S.2017. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Permata, D. D. (2019). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Perilaku Vulva Hygiene Saat Menstruasi Pada Remaja Puteri Di Smp N 01 Pulau Beringin Sumatera Selatan Tahun 2019 (Doctoral dissertation, Universitas Nasional).

Rosdiana, R., & Musaidah, M. (2019). Gambaran perilaku personal hygiene remaja putri kelas VII dan VIII yang mengalami menarche. Jurnal Berita Kesehatan, 11.

Sugiyono, 2010. Metode penelitian pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Susanti, D., & Lutfiyati, A. (2020). Hubungan Pengetahuan Remaja Putri Dengan Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu, 11(2), 166-172.

Suseno, M. R., Hamidiyanti, B. Y. F., & Ningsih, W. A. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Video Dan Alat Peraga Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Tentang Personal Hygiene Pada Masa Menstruasi Dalam Layanan Homecare. Jurnal Kebidanan, 10(2), 59-69.

Syamson, M. M., Murtini, M., & Rostini, M. (2022). Pengaruh Promosi Kesehatan Menstrual Hygiene Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Menstruasi Awal. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), 89-95.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.