HUBUNGAN POLA ASUH PERMISIF DENGAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH

Penulis

  • Avelina Yuldensia Universitas Nusa Nipa
  • Pasionista Vianitati Universitas Nusa Nipa
  • Servas Aris May Universitas Nusa Nipa

Abstrak

Latar Belakang: Perkembangan sosial anak sangat dipengaruhi oleh iklim sosial psikologis keluarganya, apabila di keluarga tercipta suasana yang harmonis, saling memperhatikan, saling membantu, maka anak akan memiliki kemampuan atau penyesuaian sosial dalam hubungan dengan orang lain. Dengan demikian orang tua merupakan pengambil peran utama dalam mengasuh anak-anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan pola asuh permisif dengan perkembangan personal sosial anak usia prasekolah. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini sebanyak 15 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner pola asuh orangtua dan DENVER II.  Analisis data menggunakan uji koefisien kontingensi. Hasil Penelitian: Analisis univariat diperoleh sebagian besar orang tua memiliki pola asuh permisif sebanyak 8 orang (53.3%). Sebagian besar perkembangan personal sosial anak berada pada kategori normal sebanyak 12  orang (80%). Hasil uji bivariat menunjukan ada hubungan pola asuh permisif dengan personal sosial dengan p value (0,038) < ? (0,05). Kekuatan koreasi antara kedua variabel berada pada kategori sedang dibuktikkan dengan nilai koefisien korelasi (r) 0.471. Kesimpulan: Pola asuh permisif memiliki hubungan yang sangat bermakna dengan perkembangan personal sosial anak usia prasekolah Kata Kunci: Personal sosial, Pola asuh permisif, Usia Prasekolah

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat