HUBUNGAN ADAPTASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN TINGKAT STRES PADA ANAK USIA SEKOLAH KELAS 1 DI SDN PEJATEN 01 BONDOWOSO

Penulis

  • Rany Agustin Wulandari Universitas Bondowoso

Abstrak

Latar Belakang: Anak yang memulai sekolah di jenjang Pendidikan SD akan berhadapan dengan banyak tantangan baru, pelajaran baru, dan penerimaan dari kelompok teman sebaya yang baru. Hal tersebut membutuhkan adanya proses adaptasi dengan lingkungan yang baru. Adaptasi yang tidak dapat diatasi oleh anak dapat menyebabkan timbulnya stres. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan adapatasi di lingkungan sekolah dengan tingkat stres pada anak usia sekolah kelas 1 di SDN Pejaten 01 Bondowoso. Metode peneltian: Desain penelitian adalah cross sectional. Penelitian ini dilakukan di SDN Pejaten 01 Bondowoso. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 1 tahun akademik 2023 – 2024. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Alat ukur dalam penelitian ini adalah kuesioner untuk mengukur adaptasi berdasarkan instrumen adaptasi, untuk penilaian tingkat stres  diukur berdasarkan DASS 42 modify. Hasil penelitian: Hasil analisis data menggunakan chi square  didapatkan p=0.000 dibandingkan ?=0.05, karena p=0.000 < ?=0.05 maka H0 di tolak dan Ha diterima yang artinya ada hubungan antara adaptasi dengan tingkat stres pada anak sekolah di SDN Pejaten 01 Bondowoso. Nilai correlation coefficient sebesar r=0,863, artinya ada hubungan antara adaptasi dengan tingkat stres pada anak sekolah di SDN Pejaten 01 Bondowoso. Kesimpulan: Adaptasi menjadi tolak ukur anak usia sekolah tidak akan mengalami stres. Kata kunci: Anak Usia Sekolah Kelas 1 SD, Stres.

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat