HUBUNGAN MUTU PELAYANAN PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS BERU KECAMATAN ALOK TIMUR KABUPATEN SIKKA

Maria Delfiana Rembu, Maria Yulita Meo, Melkias Dikson

Abstract


Mutu pelayanan merupakan konsep pengukuran kualitas pelayanan yang terdiri dari lima dimensi yaitu kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), keyakinan atau jaminan (assurance), perhatian (empathy) dan tampilan fisik atau berwujud (tangibles)..
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan
perawat dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Beru
Kecamatan Alok Timur Kabupaten Sikka. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 88 responden yang
ditentukan dengan teknik purposive sampling. Analisis data hasil penelitian
menggunakan uji spearman rank. Hasil penelitian mutu pelayanan perawat dengan kriteria sangat
memuaskan 65 responden (84,4%), memuaskan 4 responden (36,4%), sedangkan
hasil penelitian tingkat kepuasan kriteria sangat puas 69 responden (78,4%), puas
19 responden (21,6%). Hasil uji statistik dengan analisis Spearman rank menunjukan p value
(0.000) < (0.05) maka H0 ditolak Ha diterima sehingga dapat disimpulkan
bahwa ada hubungan antara mutu pelayanan perawat dengan tingkat kepuasan pasien
rawat jalan di Puskesmas Beru Kecamatan Alok Timur Kabupaten Sikka.
Disarankan kepada pihak Puskesmas Beru Kecamatan Alok Timur
Kabupaten Sikka agar perawat tetap mempertahankan mutu pelayanan
yang baik dengan memberi pelayanan tepat, cepat, selalu tersenyum dan ramah
terhadap pasien sehingga kepuasan pasien dapat terwujud dengan lebih baik.

Kata kunci: Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien, Rawat jalan

Full Text:

PDF

References


Andriani. 2017. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruangan Poli Umum Puskesmas Bukit Tinggi. Jurnal Endurance 2 (1).

Azwar, A. 2015. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan Aplikasi Prinsip Lingkaran Pemecahan Masalah. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Azwar, A. 2015. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Binarupa Aksara. Baskor, dkk. 2018. Hubungan Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Puskesmas Bantur.

Darus, Mulwati Susi. 2018. Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan pasien Rawat Jalan di Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.

Efendi, R. 2014. Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta : EGC.

Hidayat. 2015. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta. Hafizurrachman, 2013. Promosi Kesehatan. Jakarta: EGC.

Kotler. 2015. manajemen pemasaran. Jakarta. Prehallindo.

La Ode Syarif. 2012. Konsep Dasar Keperawatan. Yogyakarta: Nuha Medika. Muninjaya. 2014. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakara: EGC.

Nursalam. 2014. Konsep dan Penerapan Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. 2014. Manajemen Keperawatan Edisi 4. Jakarta: Salemba Medika. Nursalam. 2015. ManajemenKeperawatanProfessional Edisi 3. Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Rineka Cipta.

Purwanti, S. 2017. Hubungan Pelayanan Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Wisata Dau Malang.Nursing News 2 (2).

Pohan,S. 2012. Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan.Jakarta: EGC. Riyanto, A. 2013. Meode Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sabarguna, 2014. Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta: Sagung Seto.

Sastrinegara. 2014. Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan : Teori Dan Aplikasi Dalam Pelayanan Puskesmas Dan Rumah Sakit. Jakarta : Salemba Medika.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & B. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sri, dkk. 2017. Hubungan Pelayanan Perawat dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Wisata Dau Malang.

Tjiptono, Candra. 2014. Service, Quality & Satisfaction.Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tjiptono. 2017. Manajemen Kepeeawatan .Yogyakarta: Andi. Triwibowo. 2015. Mutu pelayanan Kesehatan. Jakarta : EGC.

Undang-undang Keperawatan Nomor 38 Tahun 2014. Tentang Keperawatan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.