HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DALAM MENDAPATKAN PERTOLONGAN PERTAMA DI UNIT GAWAT DARURAT DI RSUD DR. TC. HILLERS

Fransiska Aloysia Mukin, Agustina Sisilia Wati Dua Wida

Abstract


Komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang direncanakan untuk membantu penyembuhan pasien. Komunikasi terapeutik termasuk komunikasi interpersonal yang titik tolak saling memberikan pengertian antara perawat dengan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien dalam mendapatkan pertolongan pertama di UGD RSUD dr. T.C Hillers Maumere. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, besar sampel 40 menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, dengan menggunakan skala Guttman. Hasil penelitian menunjukan komunikasi yang dilakukan perawat adalah komunikasi terapeutik sebanyak 20 responden (50%), komunikasi tidak terapeutik 20 responden (50%), pasien merasa puas 25 responden (62,5%) dan pasien tidak puas 15 responden (37,5%). Berdasarkan uji chi-square diperoleh nilai chi-square hasil hitungan 5,227, nilai chi-square table untuk tingkat kemaknaan 0,05 dengan df = 1 adalah 3,841 dengan demikian terdapat hubungan komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien dalam mendapatkan pertolongan pertama di UGD RSUD dr. T.C Hillers Maumere.

Kata kunci : Komunikasi, terapeutik, perawat, kepuasan

Full Text:

PDF

References


Muhith A, Siyoto S. 2018. Aplikasi Komunikasi Terapeutik Nursing & Health.Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET;.

Pieter HZ. Dasar-Dasar Komunikasi Bagi Perawat. Jakarta: Kencana; 2017.

Suryani. 2014. Komunikasi Terapeutik: Teori & Praktik. 2nd ed. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC;

Handayani H dan Armina.2017. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penerapan Komunikasi Terapeutik Oleh Perawat Pada Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim

Putri I.W. 2014. Hubungan Komunikasi Terapeutik dengan Kepuasan pasien Dalam Pelayanan Kesehatan di RSUD Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2014. Diambil 03 April 2019.

Nursalam. 2008, Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo, S. 2010, Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.

Aswad S, Mulyadi, Jiil J. S. Lolong. 2015. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rsud Dr. H. Chasan Boesoirie Ternate. J Keperawatan [Internet]. 2015;3(2):1–8. Available from: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/8086

Sandra R. 2013. Kepuasan Pasien Di Ruang Instalasi Rawat Inap Non Bedah ( Penyakit Dalam Pria Dan Wanita ) Rsup Dr . M . Djamil Padang.

Nursalam. 2014. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.